Ternyata Ini Penyebab Sariawan Kamu Muncul Kembali

Umumnya, sariawan memiliki ukuran yang kecil dan berwarna putih. Meski bukan tergolong penyakit berbahaya, sariawan dapat mengganggu aktivitas seperti berbicara, makan, dan minum menjadi tidak nyaman.


Hingga kini, masih tidak diketahui secara pasti apa penyebab sariawan muncul. Namun dengan membaca artikel ini anda bisa mengetahui apa saja penyebab sariawan bisa muncul dan kembali lagi.

Penyebab Terjadinya Sariawan Yang Sudah Terdeteksi
1.    Sikat Gigi Terlalu Keras
Menyikat gigi memang merupakan hal yang sangat penting agar gigi tetap terjaga kebersihannya. Namun, menyikat gigi terlalu keras dapat menimbulkan dampak buruk seperti munculnya sariawan.
Pasalnya, disaat anda menyikat gigi dengan keras dan menggunakan sikat berbulu kasar, anda dapat melukai gusi dan permukaan rongga mulut. Luka inilah yang dapat menyebabkan sariawan muncul. Oleh sebab itu, gosoklah gigi secara perlahan dengan bulu sikat yang halus agar tidak memunculkan sariawan.


2.    Ketidakseimbangan Hormon
Perubahan hormon dalam tubuh yang tidak seimbang dapat menjadi penyebab munculnya sariawan dalam mulut. Anda bisa membaca informasi tersebut di link ini. Perubahan hormon biasanya banyak terjadi pada wanita sebelum menuju masa menstruasi. 


Untuk mengatasi hal tersebut, anda perlu mengantisipasinya dengan mengonsumsi makanan bervitamin tinggi yang bisa ditemukan di sayuran dan buah - buahan. Hindari konsumsi makanan pedas dan berlemak agar tidak berisiko memunculkan sariawan


3.    Terinfeksi Virus Herpes Simplex
Sariawan memang bukan dikategorikan sebagai penyakit yang menular. Namun, jika penyebab sariawan muncul adalah infeksi virus herpes, maka penyakit terebut dapat ditularkan kepada orang - orang di sekitarnya. 


Penularan tersebut bisa melalui makanan atau minuman yang dikonsumsi bersama. Seseorang yang terinfeksi virus herpes simplex, kondisi kesehatannya akan menurun secara drastis. Bahkan, peluang munculnya sariawan juga akan semakin besar. 


4.    Alergi Terhadap Makanan Tertentu
Setiap orang umumnya memiliki alergi terhadap makanan tertentu. Sariawan juga merupakan permasalahan mulut yang bisa ditimbulkan karena salah mengonsumsi makanan.
Biasanya, sariawan dipicu karena terlalu sering mengonsumsi makanan bercita rasa pedas. Selain makanan pedas, makanan berlemak, seafood, dan makanan masam juga menjadi penyebab munculnya sariawan di bibir. 


Untuk itu, penting sekali bagi anda mengetahui makanan apa yang tidak cocok bagi tubuh dan pencernaan. Memang makanan tersebut kelihatan membangkitkan selera, namun pikirkan pula dampak yang akan ditimbulkan jika mengonsumsi makanan tersebut.


5.    Kesehatan Gigi Yang Buruk
Seperti yang diketahui, menjamin kesehatan gigi merupakan suatu kewajiban yang harus dilakukan. Selain sikat gigi, penggunaan benang gigi untuk membersihkan sela sela gigi yang kemungkinan masih meninggalkan bekas makanan.


Bila perlu, anda bisa mengecek kesehatan gigi ke dokter. Jika kondisi gigi buruk, maka anda akan mudah terserang berbagai macam penyakit seperti sariawan. Gunakan pula obat kumur Aloclair yang dapat membunuh kuman di mulut penyebab penyakit.


6.    Kekurangan Asupan Nutrisi
Seseorang yang kekurangan asupan nutrisi kemungkinan terserang penyakit lebih besar. Seperti halnya sariawan. Bila anda kekurangan nutrisi seperti Vitamin C, Vitamin B3, Vitamin B12, dan zat besi maka anda akan berisiko terkena sariawan.


Oleh karenanya, sangat penting bagi anda untuk memastikan nutrisi di setiap makanan yang dikonsumsi. Selain memperhatikan asupan makanan, anda juga bisa menggunakan Aloclair Plus Mouthwash sebagai bentuk pencegahan terhadap sariawan.


Secara umum, sariawan bisa menjangkiti siapapun dengan kondisi apapun juga. Rasa perih dan sakit yang ditimbulkannya membuat siapa saja merasa tidak nyaman. Untuk mengatasi hal tersebut, anda membutuhkan obat sariawan Aloclair. Obat ini dapat membasmi sariawan secara ampuh.

Postingan terkait: